Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Jakarta #1000StartupDigital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Jakarta batch 2 diawali dengan pembukaan oleh Triawan Munaf (BEKRAF) dan Jansen Kamto (KIBAR). Pada kesempatan kali ini dijelaskan 5 tahapan yaitu ignition, workshop, hackaton, bootcamp, dan incubation. Pada kesempatan ini juga dijelaskan bahwa pemerintah sedang memicu ekosistem startup di Indonesia. Inilah saat kita untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Diskusi pertama pada tahapan ignition bertemakan “The Startup Journey” oleh Andreas Senjaya (iGrow). Jay bercerita bahwa biasanya 8 dari 10 startup akan gagal, namun founder tidak boleh down dan selalu bangkit. Ia bercerita bahwa ide kearifan lokal dari Indonesia tentang pertanian, peternakan, perikanan, atau karakter sosial masyarakat bisa menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan sebuah startup. Sebagai penutup sesi ini Jay berpesan bahwa tujuan dari sebuah startup adalah menciptakan dan memberikan nilai tambah kepada orang lain.

Acara berikutnya bertemakan “Think Like A Founder” oleh Indrasto Budisantoso (Jojonomic) dan Yukka Harlanda (Brodo). Pada acara ini Indrasto berpesan agar kita menemukan co-founder yang dapat meng-cover kelemahan kita. Kita juga harus mampu menjadikan orang yang lebih pintar dari kita sebagai co-founder. Cari cara untuk menarik mereka bergabung misalnya dengan pembagian share. Hal menarik yang disampaikan Yukka adalah seorang founder harus tetap terlihat positif di depan pekerja ataupun client walaupun sedang terjadi masalah pada startup kita.

Sesi berikutnya bertemakan “Making Social Impact with Technology”. Tyovan Ari Widagdo  (Bahaso.com) dan Alfatih Timur (Kitabisa.com) bercerita bahwa setiap startup pasti memiliki social impact secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai founder kita tidak bisa hanya sekedar memikirkan profit dirinya sendiri, tetapi juga harus membawa manfaat bagi orang lain. Startup yang memiliki social impact ke masyarakat akan memberikan kepuasan tersendiri bagi founder dan co-foundernya.

Pada diskusi berikutnya Henky Prihatna (Google Indonesia) bercerita mengenai inovasi google dalam sesi “Notions of Innovation”. Henky menjabarkan visi & misi google menjadi 9 cultures. Salah satu yang berhubungan dengan sebuah startup adalah continuous improvement. Tidak ada yang namanya instant perfection melainkan harus selalu berkembang sedikit demi sedikit. Google juga mengedepankan budaya focus on user. Setiap produk harus tetap menempatkan pengguna di posisi tertinggi. Google juga menggunakan prinsip launch beta & get feedback. Dengan begini, google akan selalu mendapatkan feedback dari para penggunanya yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk. Google juga melakukan T.G.I.F. untuk mendapatkan feedback dari para pekerjanya di seluruh dunia. Pesan Henky yang terpenting adalah untuk selalu optimize data sebagai variabel pengambilan keputusan, bukan menggunakan perasaan saja.

Tahapan ignition ditutup dengan diskusi bertemakan “How To Scale Your Startup” oleh Hanifa Ambadar (Female Daily) dan Peter Shearer (AR & Co). Berdasarkan pengalamannya, Hanifa berpesan untuk selalu mencari possible opportunity. Hal ini penting untuk mengembangkan startup kedepannya. Pada sesi ini juga ditekankan pentingnya selalu focus on our strength. Dengan fokusnya founder terhadap kekuatannya sendiri, proses scaling sebuah startup akan lebih terarah. Tentunya hal ini harus didukung dengan market research sebagai data pendukung.

Pada dasarnya, ignition merupakan tahapan untuk pembentukan mindset seorang founder. Dengan adanya tahapan ini diharapkan peserta dapat memiliki pola pikir seorang founder sebagai modal awal pembentukan suatu startup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: